Gelaran Hari Jadi Kota Surabaya ke-721

Tak terasa kita telah menginjaki bulan Mei di tahun 2014 ini. Tahukan kalian pada bulan Mei ini merupakan bulan paling istimewa bagi kota Surabaya khususnya. Karena, pada bulan Mei ini kota Surabaya genap berusia 721 tahun. Dan untuk merayakan Hari Jadi Kota Surabaya ke-721 tahun, Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan beberapa aktivitas seru diantaranya adalaah:

1. Surabaya Shopping Festival
Periode: 1-31 Mei 2014

Suasana Surabaya Shopping Festival di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya. (Sumber: SoloRaya)

Surabaya Shopping Festival merupakan even yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya. Selama sebulan penuh, terhitung mulai 1 Mei hingga 31 Mei mendatang kita akan dimanjakan dengan potongan harga (diskon) besar-besaran serta penawaran menarik di belasan mall atau pusat-pusat perbelanjaan.

Beberapa pusat perbelanjaan besar yang berpatisipasi dalam Surabaya Shopping Festival diantaranya: Tunjungan Plaza, Supermal Pakuwon Indah, East Coast Center-Pakuwon City, Royal Plaza, Grand City, Ciputra World, Galaxy Mall, Plaza Marina, serta Hi-Tech Mall. Even ini sangat dinanti warga kota Surabaya dan sekitar yang mengingikan barang yang berkualitas namun dengan harga yang miring.

2. Parade Budaya dan Pawai Bunga
Periode: 4 Mei 2014


Mobil hias di Parade Budaya dan Pawai Bunga. (Sumber: Surabaya News Week)

Puas berbelanja di Surabaya Shopping Festival, kini saatnya kita melihat salah destinasi yang paling dinanti warga kota Surabaya dan sekitarnya saat perhelatan menyambut Hari Jadi Kota Surabaya digelar. Ya, destinasi ini bernama Parade Budaya dan Pawai Bunga. Dari namanya sudah bisa ditebak apa atraksi yang akan ditunjukkan pada destinasi ini. Berbagai macam tarian tradisional lengkap dengan aransemen musiknya hadir disini. Reog Ponorogo dan Barongsai, misalnya. Selanjutnya, ada pawai bunga tentunya. Dalam pawai bunga ini, berbagai mobil hias berbagai bentuk nan menarik dihiasi rangkaian bunga-bunga. Banyak instansi, perusahaan, dan beberapa sekolah yang turut meramaikan pawai ini. Contoh, mobil hias milik Galaxy Mall. Mobil tersebut tampak elegan dengan sentuhan warna-warna kalem dengan perpaduan gelembung-gelembung udara yang keluar dari mobil ini.

Masih ada juga, atraksi marching band dan parade pakaian unik. Parade ini memiliki rute dari Tugu Pahlawan hingga berakhir di Kantor Kotamadya Surabaya. Di sepanjang rute ini,

3. Pasar Malam Tjap Toendjoengan
Periode: 1-31 Mei 2014

Setelah berkeliling dan berbelanja, perut kita lapar pastinya. Surabaya dikenal dengan kota yang memiliki makanan khas yang ada bandingnya. Seperti yang telah kita ketahui Lontong Balap, Lontong Kupang, Rujak Cingur, Rawon, dan masih banyak lagi. Panganan ini sungguh menggunggah selera. Untuk cemilan, kudapan kecil seperti jajanan pasar pun patut dicoba. Namun, pasti kita bingung bagaimana caranya untuk mencicipi pangan tersebut tanpa harus berpergian dari tempat satu ke tempat lainnya. Ada solusi ini untuk permasalahan yang dihadapi ini, caranya cukup berkunjung ke Pasar Malam Tjap Toendjoengan.

Sama seperti Surabaya Shopping Festival, gelaran ini juga diadakan sebulan penuh selama bulan Mei. Pasar Malam Tjap Toendjoengan kini bertempat di East Coast Center, Surabaya. Jadi bagi kalian yang ingin mencicipi kudapan khas Kota Surabaya jangan lupa mengunjungi festival kuliner ini.


4. Festival Rujak Uleg
Periode: 18 Mei 2014

Situasi Festival Rujak di Kembang Jepun. (Sumber foto: Mashita Mashita)

Makanan khas kota surabaya yang sudah terkenal dimana-mana, rujak . Ingin tahu cara pembuatan rujak dan bersama-sama menguleg bumbu rujak akan menyuguhkan sensasi tersendiri dalam festival rujak uleg. Masyarakat , pejabat , dan turis asingpun akan berbondong-bondong berpartisipasi pada acara ini . Jadi pastikan diri anda tak ketinggalan untuk mengikutinya pada 18 Mei 2014 nanti. Kudapan yang terdiri dari kombinasi buah-buahan dan sayur-mayur yang dicampur dengan bumbu rujak yang lezat menjadi primadona kota Surabaya. Pada tahun 2013 sendiri, festival rujak uleg ini diramaikan oleh 1.225 orang yang membludak di sepanjang jalan Kembang Jepun yang merupakan tempat diselenggarakannya festival ini. Kalian yang mendatangi festival ini pasti bingung akan memilih rujak uleg untuk disantap karena anemo peserta yang cukup banyak.


Sangat menarik bukan upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk memanjakan warganya. So, selagi bulan Mei mari berkunjung ke kota Surabaya. Nikmati sensasinya berkunjung ke Surabaya!

2 komentar:

  1. wow, ada pawai bunga juga ya? jadi penasaran apa mirip sama yang di kota batu :D sukses acaranya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semacam Pasadena tapi ini versi Surabayanya. Mei tahun depan ke Surabaya aja, bagus loh pawainya.

      Hapus